Selamatkan Pantai Pulau Karang Barus Dengan Karang Buatan

Tulisan Dr.Ir.Hamzah Lubis,SH.,M.Si berjudul “Selamat Pantai Pulau Karang Barus Dengan Karang Buatan”, telah dimuat pada SK.Perestasi di Medan, tanggal 28 Agustus 2003, hal.8, kol. 5-6 

Hamzah Lubis, Bsc.,Ir.,SH.,M.Si,Dr
*Dewan Daerah Perubahan Iklim Provsu *Mitra Baharai Provsu *Komisi Amdal Provsu
*Komisi Amdal  Medan *Pusat Kajian  Energi Terbarukan-ITM *Jejaring HAM KOMNAS HAM-RI
*KSA XLII/1999 LEMHANNAS *aktifis hukum/ham/lingkungan/pendidikan


2 comments:

  1. Nama : David J. H. Simarmata
    Nim : 18202076
    Jurusan : Teknik Mesin
    M.Kuliah : Pengendalian Lingkungan Industri

    Menurut pendapat saya,
    Terumbu karang adalah rumah bagi aneka jenis biota laut. Selain itu terumbu karang menciptakan keindahan laut yang dapat dijadikan objek wisata laut di daerah tersebut, sehingga dapat menjadi pemasukan untuk pemerintah daerah dan penduduk setempat.

    Fungsi lain dari terumbu karang yang sangat penting adalah untuk mencegah gelombang air laut yang kuat mencapai tepi pantai yang dapat mengikis tepi pantai sehingga dapat mengurangi garis pantai suatu pantai. Sehingga untuk pulai pulau yang kecil, hal tersebut bisa menenggelamkan pulau tersebut.

    Seperti yang terjadi di Pulau Karang Barus yang merupakan kota tua yang berada di kecamatan Barus provinsi Sumatera Utara, bahwa sebagian besar laut paparan terumbu karang sudah rusak. Untuk menjaga agar asset pulau Sumatera Utara ini tetap ada, maka harus dilaksanakan rehabilitasi terumbu karang seperti dalam tulisan Pak Hamzah Lubis “Selamatkan Pantai Pulau Karang Barus dengan Karang Buatan. Dengan dilaksanakan rehabilitasi tersebut bisa mencegah gelombang pantai yang besar mengikis garis pantai, dan daerah tersebut bisa dijadikan sebagai objek wisata untuk daerah Barus, sehingga dapat menjadi sumber pendapatan daerah tersebut.

    ReplyDelete
  2. NAMA : IVAN SUVANTRI SITUMORANG
    NIM : 18202153
    JURUSAN : TEKNIK MESIN
    M.KULIAH PENGENDALIAN LINGKUNGAN INDUSTRI

    Tanggapan saya ,

    Laut tanpa terumbu karang merupakan daerah laut yang sudah dijamah manusi bahkan sudah dirusak untuk memenuhi kebutuhannya akan tetapi tidak memikirkan jangka panjang ekosistemnya.keindahan laut jadi hilang sehingga kurangnya ketertarikan wisatawan untuk untuk mengunjungi daerah itu.untuk itu mari mejgaganya agar keindahan laut kita terjaga dan menarik kembali wisatawan dimana dapat menambah pendapan masyarakat daerah itu.

    Dalam ekosistem perairan terumbu karang sangatlah bermanfaat dimana dapat menjadi tempat tempat persembunyian ikan ikan kita yang belum mampu melawan arus air bahkan angin yang datang .juga sebagai penahan bantingan ombak sehinggah tidak terjadi penggerusan tepi pantai kita.

    Pada pulau karang barus merupakan daerah kota tua yang berada dikecamatan barus,sumut,dalam artikel menyatakan bahwa sebagian besar laut paparan terumbu karang sudah mengalami kerusakan baik karena pengaruh lingkungan maupun karena ulah manusia. Untuk itu marilah kita melestarikan kembali terumbu karang yang berada pada pulau karang barus,karena akan sangat menguntungkan bagi kehidupan masyarakat dihari yang akan datang baik nelayan maupun pengolahan daerah karena akan menaik wisatawan untuk menikmati terumbu karang barus.

    ReplyDelete