Gas Bio Sebagai Energi Pedesaan

Tulisan Dr.Ir.Hamzah Lubis,SH.,M.Si berjudul “Gas Bio Sebagai Energi Pedesaan ”, telah dimuat pada Harian Waspada di Medan, tanggal 10 Februari 1987

Hamzah Lubis, Bsc.,Ir.,SH.,M.Si,Dr
*Dewan Daerah Perubahan Iklim Provsu *Mitra Baharai Provsu *Komisi Amdal Provsu
*Komisi Amdal  Medan *Pusat Kajian  Energi Terbarukan-ITM *Jejaring HAM KOMNAS HAM-RI
*KSA XLII/1999 LEMHANNAS *aktifis hukum/ham/lingkungan/pendidikan

3 comments:

  1. Nama : Roni Tua F Togatorop
    NIM : 16 202 206
    Jurusan : Teknik Mesin
    M.Kuliah : Audit & Efisiensi Energi

    Menurut Pendapat Saya :
    Secara Kasat Mata , Banyak sekali yang menilai sebelah mata bahwa pedesaan adalah tempat yang tertinggal , Tidak modern , minim energi , dan lain sebagai nya . Paradigma ini terus berlanjit dikarenakan sistem pembangunan yang secara gambalang kita katakan tidak merata secara utuh . Tentu saja kesan yang banyak orang pandang tentang pedesaan akan sama dan terus berlanjut.

    Saya sangat sepakat dengan tulisan yang bapak Sampaikan . Secara fisik , pedesaan bukan lah selamanya tempat yang tertinggal . Seperti yang bapak contohkan saja , sudah menunjukkan bahwa sebenarnya pedesaan di indonesia memiliki peluang untuk maju dan berkembang . Hal ini sejalan dengan yang bapak sampaikan dengan memanfaatkan teknologi biogas sebagai pemenuh bahan bakar masyarakat pedesaan . Di samping harga dan barang yang tidak terlalu mahal , dan sumber energi bahan yang selalu tersedia menyebabkan bahwa pedesaan indonesia memang sangat layak mendapat integrasi teknologi ini .

    Selain mengangkat marwah pedesaan , Teknologi ini juga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dalam jangka waktu panjang. Kita nantikan saja , bagaimana Pemerintah dapat memaksimalkan sumber daya yang ada di setiap desa di indonesia .

    Terima Kasih.

    ReplyDelete
  2. NAMA : IVAN SUVANTRI SITUMORANG
    NIM : 18202153
    JURUSAN : T.MESIN
    M.KULIAH : PENGENDALIAN LINGKUNGAN HIDUP

    Tanggapan saya,,,

    Pedesaan merupakam daerah yang sering dikatak daerah yang susah dikunjungi karena akses yang sulit untuk kesana,akan tetapi pedesaan secara tidak langsung memiliki energy yang besar yang dapat digunakan yang mampu digunakan untuk proses kehidupan.seperti halnya penggunaan biogas sebagai pemenuh bahan bakar masyarakat pedesaan . Di samping harga dan barang yang tidak terlalu mahal , dan sumber energi bahan yang selalu tersedia menyebabkan bahwa pedesaan indonesia memang sangat layak mendapat integrasi teknologi ini .Selain mengangkat marwah pedesaan , Teknologi ini juga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dalam jangka waktu panjang. Kita nantikan saja , bagaimana Pemerintah dapat memaksimalkan sumber daya yang ada di setiap desa di Indonesia
    Terima kasih …

    ReplyDelete
  3. Nama : Joshua Andreano Telaumbanua
    NIM : 16202174
    Kelas :EXTENTION
    Jurusan : Teknik Mesin
    Mata kuliah :PENGENDALIAN LINGKUNGAN INDUSTRI

    Menurut pendapat saya,
    Biogas merupakan gas yang dihasilkan oleh aktivitas anaerobik atau fermentasi dari bahan-bahan organik termasuk di antaranya; kotoran manusia dan hewan, limbah domestik (rumah tangga), sampah biodegradable atau setiap limbah organik yang biodegradable dalam kondisi anaerobik.. Biogas dapat digunakan sebagai bahan bakar kendaraan maupun untuk menghasilkan listrik. Di pedesaan sangat sulit dijangkau , sebaiknya di daerah pedesaan menggunakan biogas sebagai sumber kehidupan mereka supaya pedesaan juga harus merasakan kemajuan teknologi. Dengan biogas masyarakat di pedesaan dapat penampungan sementara dari kotoran ternak, membangkitkan sumber energi dan sebagai penyedia bahan baku pakan ternak, dapat juga menghemat waktu memasak , pupuk kompos dan cair yang siap diaplikasikan pada tanaman dibandingkan apabila limbah ternak tersebut belum dimanfaatkan sebagai pupuk , dan pengelolaan limbah ternak menjadi biogas dapat menjaga kesehatan peternak dan ternak itu sendiri. Teknologi ini juga dapat memenuhi masyarakat pedesaan dalam waktu jangka panjang dan seharusnya Pemerintah melakukan tindakan dengan memaksimalkan sumber daya masyarakat di pedesaan menggunakan biogas.

    ReplyDelete