Energi Surya Satu Alternatif Baru

Tulisan Dr.Ir.Hamzah Lubis,SH.,M.Si berjudul “Energi Surya Satu Alternatif Baru”, telah dimuat pada Hr. Waaspda di Medan, tahun 1980-an (tidak terindendifikasi lengkap)

Hamzah Lubis, Bsc.,Ir.,SH.,M.Si,Dr
*Dewan Daerah Perubahan Iklim Provsu *Mitra Baharai Provsu *Komisi Amdal Provsu
*Komisi Amdal  Medan *Pusat Kajian  Energi Terbarukan-ITM *Jejaring HAM KOMNAS HAM-RI
*KSA XLII/1999 LEMHANNAS *aktifis hukum/ham/lingkungan/pendidikan

3 comments:

  1. Nama : Devin Boris Setiadi Aritonang
    NIM : 16 202 079
    Jurusan : Teknik Mesin
    M.Kuliah : Audit & Efisiensi Energi

    Menurut Pendapat Saya :

    Energi Surya merupakan energi yang terbesar yang dapat dinikmati oleh manusia di muka bumi,dari tulisan bapak Dr.Ir.Hamzah Lubis,SH.,Msi saya sangat setuju dengan tulisan beliau karena dengan memanfaatkan enersi surya atau yang sering di sebut dengan energi solar cell, akan banyak hal dan pihak yang di untungkan dengan energi ini, terutama pengurangan energi yang diambil dari perut bumi seperti minyak bumi dan batu bara yang notabenenya energi ini yang paling banyak menimbulkan polusi di bumi ini. Oleh karena itu pengembangan dan pemanfaatan energi surya ini saya sangat setuju,disamping energinya tidak akan habis dan bersifat kontiniu dan dengan enargi ini kita dapat mengurangi pemakaian energi dari hasil tambang perut bumi yang energinya terbatas, dan kita juga dapat meminimalisir polusi dan pencemaran udara dari energi minyak bumi dan batu bara yang sering kita gunakan dalam kebutuhan energi sehari-hari.

    Terimakasih...

    ReplyDelete
  2. Nama : Roni Tua F Togatorop
    NIM : 16 202 206
    Jurusan : Teknik Mesin
    M.Kuliah : Audit & Efisiensi Energi

    Menurut Pendapat Saya :
    Secara Visioner , sudah sejak lama Energi Surya (Sollar Cell) adalah energi yang di nilai sifatnya kontinu dan sangat efisien . Di samping persediaan yang tergolong menjanjikan dan sangat aman , Energi surya juga di nilai sangat cocok dengan posisi indonesia di nagara sub tropis yang secara keseluruhan mendapat atau terkena sinar matahari sepanjang Tahun . Seharus nya indoesia dapat mengoptimalkan nya .

    Namun yang di sayangkan memang tidak semua negara yang beruntung terkena sengatan sinar matahari sepanjang tahun ini , dapat memanfaatkan nya . Hal yang sangat kontradiktif tentu nya . Namun perlu diakui , begitu banyak nya negara yang belum dapat memanfaatkan energi panas ini di karenakan harus di akui peralatan dan item pendukung untuk panel surya ini memilik8 harga selangit dan perawatan (maintenence) yang sangat rumit . Kedua faktor ini lah menjadi alasan utama mengapa masih ada saja negara yang terkena sinar matahari , justru tidak memanfaatkan nya . Semoga beberapa tahun ke depan indonesia bisa lebih memperbanyak pengaplikasian sollar cell ini , selain lampu jalan raya saja .

    Terima Kasih

    ReplyDelete
  3. Nama : Yogi Mangaranap Gultom
    NIM : 16202099
    Kelas/jurusan : Semester Pendek/Teknik Mesin
    M.kuliah : Pengendalian Ligkungan Industri (PLI)
    Pendapat saya terhadap tulisan bapak Dr.Ir.Hamzah Lubis, SH.,M.Si yang berjudul “Energi Surya Satu Alternatif Baru”, telah dimuat pada Hr. Waaspda di Medan, tahun 1980-an. Pada saat itu seperti dituliskan pada tulisan ini sekitar tahun 1980-an solar energy atau energi matahari masih hal yang baru bagi masyarakat tidak seperti sekarang yang sudah banyak memanfaatkan energi surya sebagai salah satu energi alternatif baru.

    Pemakaian ataupun pemanfaatan energi surya sebagai alternatif baru sangat memberikan dampak positif yang besar bagi masyarakat. Sebab energi surya merupakan energi yang bersifat kontinu atau berkelanjutan dan merupakan sumber energi yang sangat besar. Butuh waktu yang sangat lama untuk dapat menghabisakna energi matahari. Jadi sangat tepat jika energi surya digunakan sebagai sumber energi. Keuntungan dari energi matahari adalah dapat dengan mudah dikonversikan ke energi lain, mudah diperoleh, ramah lingkungan, dan gratis.

    Jadi penemuan energi matahari sebagai sumber alternatif baru sangatlah brilian. Kita sudah
    sepantasnya memanfaatkannya, karena energi ini tidak memiliki dampak negatif. Memang telah banyak yang menerapkan energi surya sebagai alternatif energi. Semoga semakin banyak lagi perusahaan atau usaha yang memanfaatkan energi surya sebgai sumber energi, misalanya pembangkit listrik tenaga surya. Karena bila ditinjau dari isi tulisan ini, energi surya sangat memberikan efek yang berdampak positif.
    sekian

    ReplyDelete