Tool Sumatera dan Ecoduct

Tulisan Dr.Ir.Hamzah Lubis,SH.,M.Si berjudul : ” Menatap Masadepan Tool Laut  telah dimuat pada  Sk. Prestasi Reformasi di Medan, No.517 , tgl. 7 Juni  2017, hal.6, kol.1-7

        Hamzah Lubis, Bsc.,Ir.,SH.,M.Si,Dr
*Dewan Daerah Perubahan Iklim Provsu *Mitra Baharai Provsu *Komisi Amdal Provsu
*Komisi Amdal  Medan *Pusat Kajian  Energi Terbarukan-ITM *Jejaring HAM KOMNAS HAM-RI
                                                                *KSA XLII/1999 LEMHANNAS *aktifis hukum/ham/lingkungan/pendidikan

10 comments:

  1. Nama:sayyid akbar
    Nim :17202168
    M.K :PLI

    menurut saya tool membebantu perekonomian terutama dibagian pengiriman logistik karna dapat memangkas waktu perjalanan
    Tetapi untuk ecoduct diindonesia belum di respon pemerintah karna pemeritah masik fokus terhadap pembangunan infrastuktur.padahal ecodutc sendiri sangat di perlukan kasiaha hewan-hewan tersebut seperti dipenjara karna habitatnya terpotong oleh jalan tool

    ReplyDelete
  2. Nama: Zunedi Marbun
    Nim : 17202181
    Kelas : 4M4
    Jurusan : Teknik Mesin
    Mata Kuliah : PLI

    Menurut saya ,

    Pembangunan infrastruktur jalan Tol Sumatra sangat lah bagus karena mampu meningkatka pertumbuhan ekonomi dan wisata diberbagai kawasan Sumatra, Manfaat jalan tol juga ntuk menciptakan dan menumbuhkan daerah industri, melancarkan pengangkutan sembako, dan beragam hal baik lainnya. Seperti yang kita ketahui , Sumatera adalah memiliki banyak potensi pariwisata yang luar biasa indahnya. Potensi tersebut kurang dapat digarap secara maksimal, karena keterbatasan infrastruktur khususnya jalan . Pulau Sumatera kaya potensi wisata budaya dan wisata alam, Bahkan lebih banyak dan lebih indah dibandingkan potensi wisata luar negara. Selain dari dampak positif pembangunan jalan tol ,, ada juga dampak negatif dari pembangunan jalan Tol Sumatra . Ekonom dari Center Of Reform on Ekonomics (CORE) Indonesia, Akhmad Akbar Susamto, menyebut sejumlah kelemahan dan dampak negatif pembangunan jalan tol
    - Dampak negatif yang pertama adalah berkurang nya lahan pertanian bagi petani karena pergeseran lahan yang dilakukan oleh pemerintah untuk pembangunan infrastruktur jalan tol .
    - Dampak yang kedua adalah berkurangnya jumlah pekerja petani. Berkurangnya lahan berdampak pada berkurangnya jumlah pekerja petani. Pada 2012 jumlah pekerja bertani 172.000 orang, namun pada tahun 2017 berkurang menjadi 169.000 pekerja.
    - Dampak Negatif yang ketiga adalah
    tarif tol dianggap terlalu mahal. Beberapa perusahaan yang berjarak sangat dekat dengan tol belum sepenuhnya menggunakan jalan tol karena harganya dianggap terlalu mahal .

    Oleh karena itu , dalam pembangunan infrastruktur jalan tol pemerintah harus menimalisir kembali apa saja keuntungan dan kerugian dari pembangunan jalan tol ,, jangan hanya melihat fungsi dan manfaat nya saja , tetapi juga melihat dampak bagi masyarakat sekitar .

    ReplyDelete
  3. Nama: Bagas Prasetyo
    NIM: 16202102
    M.Kuliah: Audit & Efisiensi Energi

    Tanggapan: pembangunan jalan Tol bisa memberikan keuntungan dan kerugian. Keuntungan yang didapat adalah dipermudah akses jalan dari satu kota ke kota lain dengan dipersingkatnya waktu dan jarak tempuh, namun dari kerugiannya, masyarakat yang berada di perlintasan jalan tol dapat terpisah antara satu desa dan desa lainnya. Begitu pula dengan hutan atau  semak belukar yang akan terbelah sepanjang tol Sumatera. Pembangunan, khususnya pembangunan jalan, pertambangan dan perkebunan selama ini tidak mempertimbangkan jelajah satwa seperti gajah dan harimau. Namun karena Amdal adalah kajian akademis, maka seyogianya Amdal harus memasukkan isu lintasan satwa menjadi salahsatu parameter isu penting hipotetik dalam pembangunan jalan. Pembangunan harus berprinsip bahwa “satwa harus dijaga, bukan saja di dalam maupun di luar kawasan konservasi hutan.
    Kesimpulan: pembangunan jalan tol juga harus memperhatikan luas hutan yang akan di ratakan kemudian diperjhatikan juga habitat dari satwa yang berada di sekitar hutan tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama : Jeffrey Pebryan Anderson
      NIM : 18202143
      Mata Kuliah : PLI
      EXTENTION
      Jurusan Teknik Mesin

      Menurut pendapat saya maunya dalam pembangunan jalan toll tidak hanya mempermudah akses jalan akan tetapi kita juga harus memikirkan tentang mata pencaharian atau pendapat masyarakat daerah setempat dengan adanya jalan toll tersebut, disitu lah pemerintah harus memikirkan apa yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah itu, dan bukan hanya pendapatan oleh masyarakat seperti kata teman ini bahwa kita juga harus memikirkan ekosistem daerah yang telah menjadi jalan toll tersebut seperti daerah hutan, kita juga harus memikirkan perkembang biakan mahluk apa yang berada daerah tersebut, seperti hewan mereka juga harus berkembang biak agar dapat melangsungkan kehidupan mereka.dengan ini saya juga sangat setuju dengan makalah ilmiah Bapak Hamzah tersebut bahwa dengan adanya Ecoduct dapat sedikit mengatasi masalah tersebut.

      Delete
  4. NAMA : IVAN SUVANTRI SITUMORANG
    NIM : 18202153
    M.KULIAH : PENGENDALIAN LINGKUNGAN INDUSTRI
    JURUSAN : TEKNIK MESIN

    Tanggapan saya :
    Tentunya dalam pengembangan Negara maju banyak proses atau persiapan persiapan yang dilakukan untuk hal ini.salah satunya pembangunan infrastruktur jalan tol. Infrastruktur ini sangat lah bagus karena mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan wisata diberbagai kawasan Sumatra, Manfaat jalan tol juga ntuk menciptakan dan menumbuhkan daerah industri, melancarkan pengangkutan sembako,hasil alam , dan beragam hal baik lainnya. Seperti yang kita ketahui , Sumatera adalah memiliki banyak potensi pariwisata yang luar biasa indahnya. Potensi tersebut kurang dapat digarap secara maksimal, karena keterbatasan infrastruktur khususnya jalan . Pulau Sumatera kaya potensi wisata budaya dan wisata alam, Bahkan lebih banyak dan lebih indah dibandingkan potensi wisata luar negara. Selain dari dampak positif pembangunan jalan tol ,, ada juga dampak negatif dari pembangunan jalan Tol Sumatra.
    Akan tepapi itulah perkembangan jaman untuk satu tujuan tentunya mempunya sisi kelemahan untuk mencapai prospek kerja itu,seperti pembangunan jalan tol ini memberikan sisi negative untuk alam kita,banyak terjadi pengerusakan alam untuk wilayah yang akan digunakan ,serta merusak lingkungan hutan kita sehingga terjadinya pergesern populasi hewan hewan hutan seperti harimau dan gajah dan hewan lainnya. Untuk itu karena Amdal adalah kajian akademis, maka seyogianya Amdal harus memasukkan isu lintasan satwa menjadi salah satu parameter isu penting hipotetik dalam pembangunan jalan. Pembangunan harus berprinsip bahwa “satwa harus dijaga ,bukan saja didalam maupun diluar kawasan konservasi hutan.
    Kesimpulan: pembangunan jalan tol juga harus memperhatikan luas hutan yang akan di ratakan kemudian diperhatikan juga habitat dari satwa yang berada di sekitar hutan tersebut.
    Kesimpulan: Dalam pembangunan infrastruktur kedepannya supaya memperhatikan tentang lingkungan alam kita setidaknya memanilisir terjannya kerusakan alam kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama : Jeffrey Pebryan Anderson
      NIM : 18202143
      Mata Kuliah : PLI
      EXTENTION
      Jurusan Teknik Mesin

      Pendapat saya
      Dalam pembangunan infrastruktur seperti jalan toll tersebut, kita juga harus memperhatikan kesejahteraan masyarakat / mahluk yang berada di daerah lintasan derah jalan toll tersebut. ya seperti kata teman saya diatas bahwa kita juga harus memperhatikan perkembangbiakan hewan yang berada di zona jalan toll tersebut dan manusia juga, kita juga tidak harus berfikir tentang industri bahwa dengan adanya jalan toll ada juga masyarakat yang kehilangan pencariannya seperti petani dll. di sini saya sangat setuju dengan adanya Ecoduct tersebut, bukan hanya untuk hewan tetapi juga untuk manusia untuk menyebrangi jalan toll tersebut. dan perkembang biakan hewan di zona tersebut tidak mengalami stress zona.

      Delete
  5. Nama : David J. H. Simarmata
    Nim : 18202076
    Jurusan : Teknik Mesin
    M.Kuliah : Pengendalian Lingkungan Industri

    Menurut pendapat saya,
    Pembangunan tol yang dilakukan pemerintah saat ini adalah tol sumatera yang akan menghubungkan Kota Banda Aceh dengan Bandar Lampung dan kota-kota lainnya di Sumatera. Jalan tol ini dibangun dengan membelah hutan yang memiliki banyak vegetasi hutan dan lingkungan/daerah tempat tinggal binatang yang ada disana, sehingga binatang liar yang memiliki sifat menjalah tidak ada bisa menyeberang kesisi sebelah lainnya karena sudah dubatasi oleh jalan tol tersebut.

    Seperti yang ditulis Dr.Ir.Hamzah Lubis, SH., M.Si dengan pembahasan:”Tool Sumatera dan Ecoduct” ini, saya sangat setuju seperti apa yang tertulis dalam tulisan beliau tersebut. Pembangunan jembatan penyebrangan hewan (Ecoduct) harus dilakukan untuk menjaga kelestarian binatang liar yang ada disana.

    ReplyDelete
  6. Nama :RIZKI NORMAN RITONGA
    Nim :16202158
    Kelas :EXTENTION
    Mata kuliah :PENGENDALIAN LINGKUNGAN INDUSTRI
    Jurusan :TEKNIK MESIN
    TUGAS 3

    ASSALAMUALAIKUM WR WB,

    MENURUT PENDAPAT SAYA,
    Pembangunan infrastruktur jalan Tol Sumatra sangat lah bagus karena mampu meningkatka pertumbuhan ekonomi dan wisata diberbagai kawasan Sumatra, Manfaat jalan tol juga ntuk menciptakan dan menumbuhkan daerah industri, melancarkan pengangkutan sembako, dan beragam hal baik lainnya. Seperti yang kita ketahui , Sumatera adalah memiliki banyak potensi pariwisata yang luar biasa indahnya. Potensi tersebut kurang dapat digarap secara maksimal, karena keterbatasan infrastruktur khususnya jalan . Pulau Sumatera kaya potensi wisata budaya dan wisata alam, Bahkan lebih banyak dan lebih indah dibandingkan potensi wisata luar negara. Selain dari dampak positif pembangunan jalan tol ,, ada juga dampak negatif dari pembangunan jalan Tol Sumatra . Ekonom dari Center Of Reform on Ekonomics (CORE) Indonesia, Akhmad Akbar Susamto, menyebut sejumlah kelemahan dan dampak negatif pembangunan jalan tol
    - Dampak negatif yang pertama adalah berkurang nya lahan pertanian bagi petani karena pergeseran lahan yang dilakukan oleh pemerintah untuk pembangunan infrastruktur jalan tol .
    - Dampak yang kedua adalah berkurangnya jumlah pekerja petani. Berkurangnya lahan berdampak pada berkurangnya jumlah pekerja petani. Pada 2012 jumlah pekerja bertani 172.000 orang, namun pada tahun 2017 berkurang menjadi 169.000 pekerja.
    - Dampak Negatif yang ketiga adalah
    tarif tol dianggap terlalu mahal. Beberapa perusahaan yang berjarak sangat dekat dengan tol belum sepenuhnya menggunakan jalan tol karena harganya dianggap terlalu mahal .

    Oleh karena itu , dalam pembangunan infrastruktur jalan tol pemerintah harus menimalisir kembali apa saja keuntungan dan kerugian dari pembangunan jalan tol ,, jangan hanya melihat fungsi dan manfaat nya saja , tetapi juga melihat dampak bagi masyarakat sekitar .

    ReplyDelete
  7. Nama : Mahfuzhah Alawiyah
    Nim :0205172239
    Jurusan : Hukum pidana Islam/5c

    Menurut pendapat saya

    Kebijakan pemerintah pembangunan jalan tool ini sangat maju dan berkembang dinegara Indonesia. Bagi masyarakat lebih mudah dan cepat untuk menuju tujuan yang ditempuh. Tetapi dengan adanya kebijakan pemerintah harus diiringi Dengan pemikiran yang jernih. Apakah ada dampak negatif atau tidak jangan hanya memikirkan dampak positif nya.

    Seperti yang ditulis Dr.ir. Hamzah Lubis. SH.M.Si dengan judul "Tool Sumatera dan Ecoduck" ini Saya sangat setuju bahwasanya dalam pembangunan infrastruktur jalan tool supaya memperhatikan Lingkungan yang disekitarnya.

    ReplyDelete
  8. Nama: Khairun Nisak
    Nim:0205172231
    Jurusan: Jinayah V-c
    Mata Kuliah: Hukum Pidana Islam

    Menurut pendapat saya

    jika pemerintah ingin membangun jalan tool, baiknya dipertimbangkan dahulu, karena yang akan dibuka untuk akses jalan tool adalah hutan, sedangkan yang ada dihutan itu satwa-satwa, bagaimana nanti kehidupan mereka, Bukankan hutan dan satwa-satwa dilindungi? kehidupan satwa-satwa itu akan terpecah belah dan masyarakat yang ada disekitar hutan itu juga akan terugikan,, memang dengan adanya akses jalan tool ini maka akan mempercepat lajurnya kendaraan.

    untuk itu upaya yang harus dilakukan pemerintah adalah membangun jalur habitat (ECODUCT) pembangunan satwa liar, supaya satwa-satwa itu tidak terancam punah dan bisa menyebrang dengan aman.
    contohnya negeri Belanda yang membangun jalan untuk satwa-satwa, negeri itu tidaknya hanya mementingkan kepentingan manusianya saja tapi mementingkan hewan juga. Sedangkan negeri kincir angin kecil ini saja bisa membangun koridor satwa, apalagi kita indonesia.

    ReplyDelete