GARNAS Penyelamatan Terumbu Karang

Tulisan Dr.Ir.Hamzah Lubis, SH.,M.Si berjudul “Gerakan Nasional Penyelamatan Terumbu Karang”, telah dimuat pada SK.Perestasi Reformasi di Medan, No.473, tanggal 20 Oktober  2015, hal. 7, kol.1-4 
Hamzah Lubis, Bsc.,Ir.,SH.,M.Si,Dr
*Dewan Daerah Perubahan Iklim Provsu *Mitra Baharai Provsu *Komisi Amdal Provsu
*Komisi Amdal  Medan *Pusat Kajian  Energi Terbarukan-ITM *Jejaring HAM KOMNAS HAM-RI
*KSA XLII/1999 LEMHANNAS *aktifis hukum/ham/lingkungan/pendidikan

3 comments:

  1. Nama : Seiya Gusmar Angger Putra
    NIM : 17202036
    Jurusan : Teknik Mesin
    Extention

    Salah satu cara penyelamatan terumbu karang secara fisik adalah melalui pembuatan terumbu karang buatan (artificial reef). Terumbu karang buatan adalah suatu struktur buatan manusia yang berfungsi sebagai tempat berlindung, tempat mencari makanan dan tempat pemijahan bagi hewan-hewan laut. Terumbu karang buatan biasanya berupa struktur yang kokoh dengan relung-relung.

    ReplyDelete
  2. Nama : Ade Riwaldi
    NIM : 17202077
    Extention

    Terumbu karang dapat dimanfaatkan untuk bahan bangunan, bahan baku farmasi, obyek wisata dan kegiatan perikanan laut. Ekosistem terumbu karang memberikan potensi lestari sumberdaya ikan sekitar 80.802 ton ikan/km2/tahun.

    ReplyDelete
  3. Nama : Joshua Andreano Telaumbanua
    NIM : 16202174
    Kelas :EXTENTION
    Jurusan : Teknik Mesin
    Mata kuliah :PENGENDALIAN LINGKUNGAN INDUSTRI

    Menurut pendapat saya,
    Terumbu karang adalah sekumpulan hewan karang yang bersimbiosis dengan sejenis tumbuhan alga yang disebut zooxanthellae dan terumbu karang selalu berada di perairan tropis. Terumbu karang sangat banyak manfaat bagi manusia seperti obata- obatan ataupun kosmetik, tetapi sekarang terumbu karang banyak sekali yang rusak parah seperti di Raja Ampat terumbu karang rusak karena ulah manusia juga. Seharusnya terumbu karang dijaga, dan dilestarikan sebagai tempat wisata bagi turis – turis yang akan datang. Dengan adanya GARNAS ( Gerakan Nasional Penyelamat Terumbu Karang) sudah banyak terumbu karang yang sudah diselematkan dan juga GARNAS harus mendapatkan dukungan dari masyarakat dan aparat keamanan seperti TNI angkatan laut untuk bekerja sama menyelamatkan terumbu karang yang sudah rusak. GARNAS melakukan penanaman terumbu karang di seluruh Indonesia dapat menambah perekonomian di masyarakat dan seharusnya juga masyarakat bekerja sama juga untuk menjaga dan melestarikannya terumbu karang tersebut.

    ReplyDelete